Festival Nasional Reyog Ponorogo, Inilah Pemenangnya


PONOROGO (kotareyognews.net) - Festival Nasional Reyog Ponorogo (FNRP) ke - XXIII tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo telah usai. Beraamaan dengan puncak kegiatan Grebeg Suro, para pemenang diumumkan oleh Panitia FNRP di panggung utama alun-alun Ponorpgo, Sabtu (01/10/2016)

Tahun ini peserta Festival yang berjumlah 39 yang terdiri dari 16 peserta dari lokal Kabupaten Ponorogo dan 23 peserta dari luar derah Ponorogo telah menyajikan penampilan terbaik mereka dalan FNRP yang diselenggarakan sejak tanggal 26-30 Sebtember 2016.

Dari penampilan seluruh peserta tersebut Dewan pengamat telah melakukan pengamatan dan penilaian kepada seluruh peserta. Dewan pengamat juga telah melakukan sidang untuk memutuskan juara pada tanggal 01 oktober 2016 pada pukul 00.00 - 03 WIB.

Demikian disampaikan Drs. Ridho Kurnianto, M.Ag selaku ketua panitia FNRP dalam rangka perayaan Grebeg Suro kabupaten Ponorogo tahun 2016 dalam sambutanya di Panggung Utama Alun-alun Ponorogo.

Menurutnya, dari penilaian dewan pengamat tersebut telah menetapkan juara FNRP ke -XXII tahun 2016 yaitu  sebagai penyaji terbaik 1 dalam FNRP tahun ini adalah nomor undian 11 Grup Reyog Gajah Manggolo SMAN 1 Ponorogo, kedua nomor undian 19  Grup Reyog Universitas Brawijaya (Universitas Brawijaya)

Dilanjutkan Penyaji terbaik ke-3 peserta dengan nomor 26 Singo Manggolo Mudho (SMKAN 2 Wonogiri) dialnjutkan keempat peserta nomor 15 - Taruno Adiluhung (SMAN 1 Babadan), penyaji terbaik kelima nomor 35 - Grup Reyog Bantarangin - (KRP DKI Jakarta)

Disusul penyaji terbaik keenam, peserta dengan nomor undian 36 - Paguyuban Reyog Ponorogo (PRP) - (Perwakilan DKI Jakarta) disusul terbaik 7, nomor urut 31 - Singo Mudho Korea - (Korea Selatan), terbaik 8 nomor undian 28 - Purbaya - (Kota Surabaya) dilanjutkan terbaik 9 nomor penampilan 13 - Kridho Taruno - SMAN 2 Ponorogo, dan terbaik ke - 10 peserta nomor 24 - Niken Gandini SMKN 1 Jenangan.

Sementara itu, peserta yang menjadi juara harapan 1 adalah peserta  nomor urut 34 - Singo Budoyo - Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, harapan 2 nomor undian 37 - Kerta Manunggal - Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah, harapan 3 nomor undian 04 - Manggala Wiyata SMAN 3 Ponorogo, harapan 4 nomor undian 38 - Manggolo Mudho Pawargo Yogyakarta, dan harapan 5 peserta dengan nomor undian 29 - Simo Budi Utomo UNMUH Ponorogo

Sedangkan penata tari terbaik dalam event Festival Nasional Reyog Ponorogo (FNRP) ke XXIII tahun 2016 ini adalah nomor undian 11, Grup Reyog Gajah Manggolo - SMAN 1 Ponorogo. Untuk kategori penata musik terbaik adalah nomer peserta 26 - Singo Manggolo Mudho - SMKN 2 Wonogiri. (*)