Luar Biasa, Gebyak Kawijayan Desa Tatung Turungkan 12 Dadak Merak

PONOROGO (kotareyognews.net) - Exsotisme gerak tari dan geliat 12 dadak merak dipadu dengan alunan kendang, gong, kenong, terompet, dan angklung menjadikan suasana di lapangan SD Tatung semakin meriah. Pasalnya, hari ini Pemerintah Desa Tatung, kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo menggelar acara Gebyak Kawijayan dalam rangka menyambut tahun Hijriah, Minggu (30/10/2016).

Pantauan kotareyognews.net, sebanyak 12 dadak merak ini di arak dari rumah Kades Tatung Rudi Bastio menuju lapangan SDN Tatung. Disana puluhan dadak merak ini menggelar atraksi secara bergantian.

Ribuan penonton tak terbendung, mereka tampak memadati lapangan SDN Tatung tempat 12 reyog dan sekitar 30 jathilan melakukan atraksi. Bahkan karena lokasi yang tidak terlalu luas, penonton rela perdesak desakan, bahkan ada yang nekat menyaksikan Gebyak Kawijayan ini dari atas pagar.

Menurut Kades, acara Gebyak Kawijayan ini memang mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat Tatung. Pihaknya sengaja membuat serangkaian acara dalam rangka peringatan 1 Muharam atau Suran tersebut dengan penggabungkan seni budaya dan kegiatan Religi.

"Tadi pagi kita gelar jalan sehat gratis berhadiah tiga ekor kambing yang dimeriahkan seni gajah, sore ini Gebyak Kawijayan dengan parade 12 dadak merak dan puncaknya nanti malam dengan acara pengajian akbar," terang Rudi.

Dia berharap, dari serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut bulan Muharam atau Suran tersebut bisa menambah kerukunan dan sinergitas antar warga dan Pemerintah desa sehingga akan terwujud Desa Tatung yang Berbudaya dan Religius. Selain itu, dia juga berharap kedepan Desa Tatung semakin sukses dan lebih Hebat dalam berbagai bidang.

" Saya tahu Desa Tatung punya banyak potensi, tergantung kita menggalinya demi kemajuan. Dan saya yakin kedepan akan terwujud Tatung Hebat seperti moto kita saat ini,"paparnya. (warok)