Malam Ini Digelar Ritual Bedol Pusoko Di Pendopo Agung Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Menjelang puncak kegiatan Grebeg Suro pada malam 1 suro mendatang, digelar ritual Bedol Pusoko dari Pendopo Agung Kabupaten Ponorogo dibawa ke makam Bathara Katong di desa Setono, Sabtu (01/10/2016) dini hari.

Tepat pukul 00.00 WIB, ritual Boyong Pusoko ini dimulai. Ritual ini merupakan agenda rutin tiap tahun menjelang digelarnya kirap Pusaka Kadipaten Ponorogo, tiga pusaka yang menjadi andalan Radhen Bathara Katong yaitu Sabuk Cinde Puspito, Payung Songsong Tunggul Wulung dan Tombak Tunggul Nogo.

Pantauan kotareyognews.net,  kegiatan dimulai di Pendopo Agung Ponorogo dengan upacara penyerahan tiga Pusaka Kebesaran Ponorogo oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni kepada petugas kirab Bedol Pusaka Romo Dodik

Selanjutnya, ketiga Pusaka ini diarak diboyong ke Kutho Wetan oleh abdi dalem Surakarta dengan berjalan kaki sejauh sekitar lima kilo meter. Arak-arakan kirab bedol pusaka ini melewati jalur alun-alun ke barat, belok ke utara hingga perempatan tambak bayan ke timur melewati perempatan Pasar legi - Pasar Pon - Makam Bathara Katong.

Meskipun ritual ini digeler tengah malam, tampak sebagian masyarakat Ponorogo antusias menyaksikan kegiatan ini. Mereka berjajar di sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan pembawa Pusaka Ponorogo yang akan disimpan di Makam Bathara Katong sebelum ritual kirab Pisaka pada Sabtu siang. (warok)