Puncak Bersih Desa Ngraket Nanggap Ki Sigit Ariyanto dari Rembang

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sebagai wujud ungkapan rasa syukur atas segala karunia Tuhan, Selasa (25/10.2016), Pemerintah desa beserta seluruh lapisan masyarakat Desa Ngraket menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka Bersih Desa. Kegiatan ini dimeriahkan dengan pagelaran seni mulai dari pentas Reyog, Jaranan Tek dan puncaknya dengan pagelaran Wayang kulit semalam suntuk yang menghadirkan dalang kondang Ki Sigit Arianto dari Rembang Jawa Tengah.

Masyarakat dari berbagai wilayah di kecamatan balong tampak antusias menyaksikan pagelaran seni yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Ngraket ini. Dua dadak merak seni reyog Sabuk Jati Joyo Kenongo desa Ngraket diarak kirab dari dukuh Krajan menuju panggung yang disediakan di lapangan olahraga desa Ngraket menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer.

Selain itu, seni Jaranan Tek Turonggo Wulung desa Kupuk yang sengaja didatangkan juga tampak menghipnotis ribuan warga yang memadati markas besar REGEN FC Desa Ngraket. Atraksinya yang klasik dan unik berkolaborasi dengan atraksi bambu gila, membuat ribuan pengunjung berjubel di lokasi.

Tak sampai disitu, pada malam hari saat pagelaran Wayang kulit yang menghadirkan dalang Kondang Ki Sigit Arianto dengan membawakan lakon 'Mbangun Bale Kencono' juga dibanjiri pengunjung. Meskipun sempat tirun hujan siawal pagelaran, namun tak menyurutkan antusias pengunjung.

Ketua panitia Amat Samsudin dalam sambutanya menyampaikan bahwa dalam rangka Bersih Desa dan peringatan 1 Miharam atau Suran kali ini sebetulnya sudah diawali sejak tanggal 9 Oktober 2016 dengan acara santunan anak yatim di balai desa Ngraket.

"Rangkaian bersih desa sekaligus Suran tahun ini telah diselenggarakan kegiatan santunan anak yatim dan siang hingga malam ini dengan pagelaran seni Reyog Jati Joyo Kenongo Desa Ngraket dan Seni Jaranan Thek yang dilanjutkan dengan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk menghadirkan dalang kondang Ki Sigit Arianto dari Rembang Jawa Tengah," ujarnya.

Selaku panitia, Amat Samsudin menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga desa Ngraket dan pemerintah Desa yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan Bersih desa dan Suran yang diselenggarakan di Lapangan Desa Ngraket. Dia juga menyampaikan permohonan maaf jika ada banyak kekurangan dari panitia.

Sementara itu, Muhammad Yusuf selaku pemerintah desa Ngraket juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada masyarakat dan panitia yang turut mendukung suksesnya rangkaian acara dalam rangka bersih Desa dan Suran yang diselenggarakan pemerintah Desa Ngraket.

Lebih lanjut M Yusuf berharap dengan diadakan kegiatan Bersih Desa tahun ini, bisa menjadi sarana meningkatkan tali silaturahmi antar masyarakat dan pemerintah desa sekaligus  meningkatkan kerukunan dan kekompakan seliruh warga desa Ngraket.

"Semoga kegiatan bersih desa ini mampu menjadi sarana meningkatkan silaturahmi bagi masyarakat Ngraket, dan yang terpenting Desa Ngraket menjadi desa yang ayem tentrem, guyup rukun gemah ripah Loh Jinawi," harapnya.

Turut hadir dalam puncak kegiatan bersih desa Ngraket, jajaran Muspika kecamatan Balong, seluruh kades se kecamatan balong, dan ribuan penguncung pandemen seni wayang kulit.(warok)