Usai Deklarasi Di Ponorogo, Senapati Nusantara Soroti Akun Yang Upload Foto Injak Keris

PONOROGO (kotareyognews.net) - Para pelestari Besi Aji maupun Keris yang tergabung dalam Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) mengecam keras sebuah akun Facebook yang upload beberapa foto menginjak keris yang merupakan salah satu warisan budaya Nusantara.

Hal itu disampaikan MM Hidayat selaku Ketua harian Senapati Nusantara dalam acara Jagong dan Rembug Keris di Tambak Kemangi Resort Ponorogo, Rabu (05/10/2016).

Menurut Hidayat, akun jejaring sosial Facebook atas nama  Perdana Ahmad Lakoni tersebut telah melakukan penghinaan terhadap keris yang merupakan warisan Budaya Nusantara yang jelas -jelas telah diakui oleh Dunia melalui UNESCO.

Menyikapi kelakuan Perdana Ahmad tersebut, pihak Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (SENAPATI Nusantara) akan melayangkan gugatan terhadap akun Facebook tersebut.

"Kami di sini rembug bersama dan juga sempat diskusi tentang akun Facebook yang telah menghina keris secara keseluruhan. Kita semua prihatin dan merasa kecewa dengan akun Facebook pengunggah foto menginjak keris. Apalagi akun tersebut milik orang Indonesia sendiri dimana keris berasal," M Nur Hidayat,

Sebagai pelestari budaya dan pecinta keris, Senapati Nusantara  prihatin dengan kekonyolan pemilik akun tersebut. Yang tidak seharusnya itu dilakukan oleh orang Indonesia yang seharusnya mencintai budaya peninggalan leluhur.

Sebagai Pelestari Besi Aji, Senapati Nusantara sudah merencanakan surat gugatan terhadap akun tersebut agar ditindak lanjuti secara hukum.

Sebagai pelestari Besi Aji, M Nur Hidayat mengatakan bahwa Senaoati Nusantara memiliki tanggung jawab terhadap lestarinya budaya peninggalan leluhur khusuanya besi Aji. Apalagi saat ini keris Indonesia telah terdaftar sebagai warisan budaya non bendawi sejak 25 November 2005 oleh Dunia.

"Kalau ini dibiarkan, kami khawatir akan muncul hal-hal konyol serupa.," pungkasnya.(warok)