Luncurkan Coffee Lab Teaching Factory, SMKN Slahung Juga Manfaatkan Kopi Lokal Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net)- Sebuah terobosan baru dilakukan para siswa SMK Slahung. Pasalnya, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di wilayah Ponorogo selatan ini akan ambil bagian memberi warna Kota Reyog yang terkenal dengan kota Kopi ini. Mereka memulai membuka sebuah Caffe bertaraf Internasional.

Coffee Lab Teaching Factory, itulah kira - kira  nama keren yang diberikan pada sebutan warung kopi  yang akan di launching dalam waktu dekat ini. Disana pengunjung penikmat kopi akan dimanjakan lidahnya dengan berbagai jenis kopi racikan spesial.

Pantauan kotareyognews.net, mulai Kamis (10/11/2016) para siswa SMKN Slahung Ponorogo ini sudah mulai melakukan penataan di sebuah ruangan yang akan dijadikan sebuah Caffe. Berbagai macam alat peracik dan pengolahan kopi yang nantinya akan disajikan pada pengunjung sudah mulai disiapkan.

Nantinya di Coffee Lab Teaching Factory ini para siswa yang akan menjadi Barista atau pelayanya. Bahkan ditempat ini juga disiapkan sebuah laboratorium pengolahan dan penyajian Kopi sehingga hasilnya bisa dipastikan bukan kopi biasa, namun sebuah sajian yang spesial.

"Ini adalah salah satu upaya kami untuk meningkatkan daya saing siswa dalam dunia kerja dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia)." ujar Kepala sekolah SMK Slahung, Drs. Nurdianto, M.Pd.

Menurutnya, dalam MEA tingkat persaingan tenaga kerja akan semakin tinggi. Dan dengan adanya Coofee Lab Teaching Factory di SMKN Slahung maka siswa akan belajar menjadi barista (pembuat dan penyaji kopi) dengan standar internasional.

“Salah satu produk yang bisa bersaing (saat MEA berlaku) adalah makanan. dan inil salah satu terobosan dari kami sehingga program ini nantinya akan mamapu mencetak Barista terbaik dengan hasil racikan kopi yang nikmat dan mampu bersaing di dunia bisnis” terangnya.

Untuk melatih para siswa dalam mengolah, meracik dan menyajikan kopi, lanjut Nurdianto, pihaknya mendatangkan instruktur dari kalangan praktisi yang telah berpengalaman. Sehingga nantinya akan mampu memberikan ilmu tentang metode penanganan kopi, mulai dari proses pemilihan kopi, roasted, grinding dan brewing, baik secara manual maupun dengan menggunakan mesin yang ada dipasaran.

"Jika anda salah satu dari jutaan orang penikmat kopi, silahkan datang di Coffe Lab Teaching Factory. Putra - putri kami siap menyajikan suguhan kopi spesial berbagai jenis. Bahkan kita juga menyajikan kopi dari lokal Ponorogo yang tak kalah nikmatnya," paparnya. (warok)