Entaskan Kemiskinan, Pemkab Ponorogo Bakal Bagi Kambing Pada Janda Miskin

PONOROGO (kotareyognews.net) - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni mengatakan bahwa pemerintah Ponorogo akan memberikan bantuan kambing. Bantuan tersebut akan diberikan pada janda miskin terutama yang sudah tua dan menjadi tulang pinggung keluarga.

Menurutnya, program tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, Jawa Timur. Tujuannya untuk memperkuat perekonomian para janda yang selama ini menjadi tumpuan bagi kehidupan keluarganya.

“Ini merupakan bentuk empati dan simpati pemerintah terhadap kehidupan janda yang menjadi kepala rumah tangga dan menghidupi keluarganya,” kata Ipong, seperti dikutip situs berita kompas.com.

Lebih lanjut Ipong menjelaskan bahwa anggaran yang digelontorkan untuk pemberian kambing tersebut sebesar Rp3,1 miliar. Anggaran tersebut akan diberikan sekitar 3000 janda, Setiap janda akan diberi seekor kambing dengan harga sekitar Rp1 juta.

Dia menambahkan, sebenarnya pemerintah hendak memberikan bantuan uang tunai kepada para janda tersebut. Namun, karena dalam aturan tidak diperbolehkan memberikan bantuan secara tunai sehingga bantuan diberikan dalam bentuk barang.

Sebelum pemberian bantuan kambing itu, Ipong mengaku, telah mengumpulkan seluruh kepala desa dan lurah se-Ponorogo untuk memberikan masukan mengenai bantuan apa yang pas bagi para janda itu. Kemudian para kepala desa dan lurah mengusulkan untuk pemberian bantuan kambing.

“Saya juga bingung saat itu, harus memberikan bantuan apa kepada para janda ini. Karena aturan dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi memang tidak memperbolehkan dalam bentuk uang tunai,” ujar dia.

Untuk mekanisme penyaluran bantuan, awalnya dana tersebut ditransfer ke kas desa. Selanjutnya, pemerintah desa atau kelurahan yang membelikan kambing dan diserahkan kepada para janda tersebut.

“Saya berharap program itu juga bisa dilaksanakan pada tahun 2017. Dengan tujuan supaya bantuan itu bisa meningkatkan penghasilan para janda,” jelas dia. (admin)