Wah, Benua Australia Bergerak Menghampiri Indonesia, Ada Apa?

Benua Australia. Doc: ABCNews
PONOROGO (kotareyognews.net) - Gempa bumi di wilayah pantai selatan sangat sering terjadi, bahkan getaran gempa bumi tersebut sering kali terasa di wilayah Kabupaten Ponorogo bahkan sampai ke wilayah Masiun dan sekitarnya. Berbagai informasi menjelaskan bahwa di wilayah pantai selatan terdapat pergeseran lempeng bumi.

Bahkan Benua Australia yang terletak di selatan Pacitan ini tampaknya mulai timbul keanehan. Kabar yang diterima, benua Australia yang berada di selatan Indonesia ini bergeser 7 sentimeter ke arah utara (mendekari Indonesia)

Dilansir dari situs berita arah.com seperti dikutip dari ABC News, menjelaskan bahwa pergeseran benua Australia tersebut terjadi akibat pergerakan lempeng Bumi. Itulah sebabnya benua Australia terus bergerak merangkak mendekati pulau Jawa, Indonesia.

Dari keterangan yang dikutip di situs ABC News memaparkan bahwa Benua Australia yang berada di atas lempeng tektonik memiliki pergerakan paling cepat. Dia bertumbukan dengan lempeng pasifik dan setiap tahunnya selalu bergerak kurang lebih sekitar 11 Centimeter.

Pwrgerakan kedua lempeng ini yang menyebabkan area sekitar Indonesia dan Australi sering terjadi gempa bumi. Misalnya, gempa berkekuatan 8,1 sr yang melanda utara Pulau Macquarie pada tanggal 23 Desember tahun 2004 silam.

Berdasarkan data yang ada, terhitung sejak tahun 1994 hingga sekarang ini, Benua Australia telah bergeser ke utara sejauh 1,5 meter. Itulah sebabnya para ilmuwan Negeri Kanguru itu kembali menghitung posisi Garis Bujur dan Garis Lintang negara mereka.

Titik koordinat yang terus berubah juga berdampak pada akurasi semua informasi di seluruh Australia, termasuk transportasi, navigasi pribadi, GPS dan survei.

Sementara itu, menurut pejabat Geoscience Australia, Dan Jaksa, pembaruan data ini sangat penting sebab ada perbedaan antara posisi saat ini dengan koordinat yang dipakai oleh Global Navigation Satellite Systems, seperti GPS.

Bahkan pemerintah Australia berencana akan mengeluarkan data terbaru terkait GPS  yang akan diumumkan pada tahun depan. (warok)

Sumber data : arah.com