Angin Kencang Terjang Ponorogo, Pohon Tumbang Tutup Jalur Nasional

Angin kencang terjang Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Angin kencang yang menerjang wilayah kabupaten Ponorogo menyebabkan trauma bagi warga setempat. Bahkan akibat angin kencang tersebut sebuah pohon besar tumbang dan menutup akses jalan nasional yang menghubungkan dua Kabupaten Ponorogo dan Pacitan, Senin ( 30/01) .

Dilansir dari situs berita kompas.com, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono mengatakan bahwa jalan nasional yang aksesnya tertutup bagi kendaraan bermotor yakni ruas jalan Ponorogo-Pacitan, tepatnya di Desa Nailan, Kecamatan Slahung, kabupaten Ponorogo. Selain lokasi tersebut, ruas jalan Ponorogo-Trenggalek, di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, juga mengalami hal yang sama.

"Arus lalu lintas di dua ruas jalan nasional itu sempat mengalami kemacetan beberapa saat karena pohon yang roboh itu memenuhi badan jalan," tambahnya.

Budi mengatakan, laporan tim lapangan menyebutkan sejumlah pohon roboh di wilayah Kecamatan Slahung, Sawoo, Badegan, Mlarak, dan Kota Ponorogo. Namun daerah yang terparah akibat pohon tumbang terjadi di Slahung dan Sawoo karena menutup akses jalan nasional di lokasi tersebut.

Dia menyebutkan, sebuah pohon jati tumbang dan batang pohon menutup akses jalan penghubung antar dua kabupaten itu di ruas jalan nasional di Ponorogo-Pacitan tepatnya di Desa Nailan, Kecamatan Slahung.

Sementara itu di ruas jalan nasional Ponorogo-Trengggalek tepatnya di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, sebuah pohon jati juga tumbang dan batang pohon melintang di tengah jalan.

"Selain menutup akses jalan, dilaporkan seorang pengendara sepeda motor di Jalan Ponorogo-Trenggalek mengalami luka ringan karena tertimpa ranting pohon," kata Budi.

Dia menambahkan, arus lalu lintas kembali normal setelah warga dan petugas dari BPBD Ponorogo membersihkan batang pohon yang melintang di jalan itu.

Ia mengimbau pengguna jalan untuk lebih waspada dan berhati-hati saat hujan deras dan disertai angin melanda kota reog itu. Pasalnya banyak pohon di tepi jalan yang bisa roboh setiap saat karena diterjang angin kencang.(warok)

Sumber: Kompas.com