Bersih Desa Bungkal, Gelar Sholawat Bersama Mbah Jambrong dan Wayangan Bersama Ki Guritno

PONOROGO (kotareyognews.net) - Semangat warga masyarakat untuk mewujudkan desa Bungkal yang lebih maju, berbudaya dan religius ditunjukkan olah seluruh elemen masyarakat. Hal ini terlihat dari suksesnya serangkaian kegiatan religi dan budaya yang digelar dalam rangka Tasyakuran dan Bersih Desa Bungkal 2017.

Diawali pada, Jumat 27 Januari 2016, bersih desa Bungkal diawali dengan kegiatan pengajian akbar di depan Balai Desa Bungkal dengan menghadirkan KH. Sofyan Rasburhani (Abah Jambrong) pada Jumat, 27 Januari 2017.

Meski sempat gerimis di awal acara, namun acara pengajian yang mengambil tema Bungkal Bersholawat tersebut berlangsung lancar. KH. Sofyan Rasburhani pengasuh PP. Bahrus Sholawat Madiun yang dalam tausiahnya diiringi rebana dan penari sufi ini mampu menhipnotis para jamaah hingga mereka terlihat antusias mengikuti segala tausiyah dan lantunan sholawat dengan hikmat.

Dilanjutkan pada, Sabtu 20 Januari 2017, acara tasyakuran dan bersih desa Bungkal diadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk di kediaman Kades Budi Widodo. Mengambil lakon Babat Alas Wonomarto, pakeliran yang mendatangkan dalang Ki Guritno Purbo Carito dari Badegan juga berlangsung sangat meriah dan dibanjiri penonton.

"Alhamdulillah rangkaian kegiatan dalam rangka Tasyakuran dan Bersih Desa Bungkal berlangsung lancar dan meriah,"ujar kepala desa Bungkal Budi Widodo


Menurut Budi, dalam rangka Bersih Desa Bungkal pihaknya sengaja mengadakan dua kegiatan yaitu pengajian akbar dan pagelaran seni wayang kulit. Hal itu merupakan komitmen pemerintah desa yang dia pimpin untuk mewujudkan desa Bungkal yang religius dan berbudaya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan acara dari seluruh masyarakat Bungkal tanpa terkecuali. Dia berharap seluruh warga masyarakat Bungkal selalu menjaga kekompakan dan kerukunan sehingga Desa Bungkal bisa lebih maju.

"Terimakasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya kegiatan bersih desa Bungkal khususnya  seluruh warga masyarakat Bungkal. Mari kita tingkatkan kekompakan dan kerukunan demi kemajuan Desa Bungkal, desa yang kita cintai ini,"ungkapnya.

Dikatakan Budi Widodo, dalam pemrintahan desa bungkal dia berkomitmen untuk membawa misi meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga masyarakat. Selain itu dia juga memiliki impian untuk menjadikan Desa Bungkal sebagai desa percontohan.

"Saya ingin Bungkal kedepan jadi desa percontohan dan saya berharap program ini mendapat dukungan dari seluruh masyarakat. Saatnya kita bangkit dan bersatu membangun demi kemajuan Desa,"Pungkasnya.

Turut hadir dalam puncak kegiatan Bersih desa Bungkal, Bupati Ponorogo H Ipong Muchlissoni yang diwakili oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapemas Pemdesa) kabupaten Ponorogo, Camat Bungkal Jemain, S. Sos. M. Si. Kapolsek Bungkal, Danrami dan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Bungkal. (warok)