Ipong Akan Menambah Dua Kecamatan di Kabupaten Ponorogo

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sejumlah 21 Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo bakal dilakukan pemekaran. Jumlah tersebut akan ditambah 2 sehingga Ponorogo bakal memiliki 23 Kecamatan.

Menurut Bupati Ponorogo H. Ipong Muchlissoni, alasan dari pemekaran kecamatan di Ponorogo tersebut untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Karena saat ini banyak desa yang mengeluhkan jauhnya lokasi desa mereka dari kecamatan.

"Pemekaran ini tujuanya untuk meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat," kata Ipong.

Terkait pemekaran kecamatan tersebut disampaikan Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisonni saat melakukan safari subuh berjamaah di Masjid Bathoro Katong, kelurahan Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo atau wilayah kota lama, Jumat (20/1/2017) pagi.

Dia menuturkan, kelurahan Setono akan masuk dalam wilayah pemekaran, karena pihaknya akan melakukab pemekaran di empat Kecamatan yakni Kecamatan Jenangan, Siman, Babadan, dan Ponorogo.
Dari empat kecamatan itu dimekarkan menjadi satu kecamatan yang akan diberi nama Kecamatan Kota Lama.

"Diberi nama Kota Lama, hal ini untuk menunjukkan bahwa  Ponorogo juga mempunyai kota lama," kata Ipong.

Sementara satu kecamatan lagi akan dilakukan di wilayah Ponorogo selatan yang merupakan hasil pemekaran dari tiga kecamatan yakni, Kecamatan Balong, Bungkal, dan Slahung. Saat ini untuk pemekaran dari tiga kecamatan ini, belum diberi nama.

"Dari Kecamatan Balong, Bungkal, Slahung juga dimekarkan jadi satu kecamatan. Tapi belum diberi nama," kata bupati.

Menurut Ipong, terkait pemekaran kecamatan, saat ini sedang dikaji oleh pemerintah daerah. Dia berharap tahun ini pemekaran bisa segera dilakukan.(warok)