KPU Ponorogo Hadiri Launching RPP Jatim

PONOROGO (kotareyognews.net) -  Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo  Nita Hardianawati Div. SDM & Parmas hadiri acara  launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) di KPU Jawa Timur, Kamis (22/12) lalu. RPP merupakan sarana pendidikan pemilu bagi seluruh lapisan masyarakat  tanpa memandang usia dan golongan. Hal itu diungkapkan Eko Sasmito, Ketua KPU Propinsi Jatim di Gedung KPU saat Launching RPP.

Diawali dengan penampilan tari Remo, tarian khas  selamat datang  Jawa Timur, dan games seputar Mars KPU  dilanjutkan sambutan dari ketua KPU Jatim. “Tidak semua KPU Propinsi di Indonesia mendapatkan fasilitas untuk RPP dari APBN. KPU Jatim salah satu yang beruntung menerima program ini, sebagai bagaian dari sarana pendidikan masyarakat tentang Pemilu,” ucap Eko.

Dia juga menegaskan, RPP menjadi salah satu bentuk pertanggung jawaban KPU Jawa Timur terhadap penggunaan Anggaran sebagai penyelenggara Pemilu.

Eko juga berharap, masyarakat dapat  berbondong-bondong singgah di RPP KPU jatim dan belajar tentang pemilu melalui RPP.

“Saya yakin masyarakat  dan semua elemen , baik pelajar maupun umum, dari usia kecil hingga dewasa akan lebih banyak lagi belajar tentang Pemilu. Silahkan datang di RPP, semua fasilitas akan disiapkan yang berkaitan dengan Pemilu, dan gratis,” jelasnya.

Senada diungkapkan ketua KPU RI Juri Ardianto, RPP KPU jawa Timur merupakan salah satu pilot project. KPU Jawa Timur harus membentuk RPP guna memberikan edukasi dan informasi agar Pemilu sebagai  issue yang tidak asing lagi bagi masyarakat.

“RPP sebagai sarana pengetahuan dan sumber informasi dan pengetahun tentang kepemiluan bagi masyarakat. Dalam pelaksanaannya nanti, KPU bisa bekerjasama dengan banyak lembaga dalam rangka penyediaan literature kepemiluan,” terangnya.

Dia juga menambahkan, RPP  jangan hanya sekedar papan nama, namun harus mampu menjawab pertanyaan seputar Pemilu. “RPP harus menjadi lokomotif dan marketing Pemilu, agar issue pemilu menjadi semakin dekat dengan masyarakat,” harapnya.

Kedepan diharapkan RPP itu bisa menambah bobot nilai terhadap penyelenggara dalam melaksanakan pendidikan kepemiluan terhadap masyarakat.

Kaitannya dengan pembentukan RPP itu,  seperti  KPU Kabupaten Malang juga berusaha  sebaik mungkin melaksanakan agenda serupa. Meskipun tidak termasuk dalam project RPP secara Nasional, tetapi KPU kabupaten Malang  sudah memiliki unit RPP sebagai bentuk pelaksanaan layanan pada masyarakat. (warok)