Ponorogo Selatan Kembali Diterjang Banjir

Banjir meluap hingga ke jalan
PONOROGO (kotareyognews.net) - Tampaknya desa Bajang dan Karangan kecamatan balong masih menjadi pelanggan tetap bencana banjir di wilayah Kabupaten Ponorogo. Ini terbukti tiap kali datang hujan, wilayah tersebut dipastikan bakal diterjang banjir.

Seperti yang terjadi pada, Selasa (17/01/2017) kemarin. Ruas jalan di desa Bajang dan desa Karangan Kecamatan Balong ini mengalami kemacetan. Air dari sungai yang berada di selatan jalan meluap hingga ke badan jalan. Bahkan genangan air mencapai ketinggian sekitar 40 cm di bandan jalan, hal ini menyebabkab kendaraan yang mau melintas terpaksa harus mengambil jalur lain demi keselamatan.

Akibat lain dari banjir di wilayah kecamatan balong ini, genangan air sempat masuk ke beberapa rumah warga. Beruntung kondisi tersebut tak berlangsung lama dan air cepat surut.

"Karena hujan cukup lebat debit air naik, akibat di sungai desa karangan ada potongan kayu dan ranting yang menyumbat jembatan. Air tak bisa mengalir dengan lancar sehingga meluap menggenangi jalan dan rumah warga," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Menurut Budi, beberapa rumah yang tergenang air adalah rumah milik Sumardi serta dua warung yang berada di dekatnya. Tidak ada korban jiwa yang disebabkan banjir di wilayah kecamatan Balong.

Pihak BPBD Kabupaten Ponorogo sendiri belum bisa memprediksikan kerugian materi akibat banjir tersebut. Dia menghimbau masyarakat Ponorogo tetap berhati-hati karena cuaca exstrim yang terjadi akhir-akhir ini.(warok)