Sambut Tahun Baru 2017, Karang Taruna Brotoseno Desa Duri Gelar Baksos

Aksi puluhan pemuda Karang Taruna Brotoseno
Gelar Bakti Sosial
PONOROGO (kotareyognews.net) - Mayoritas pemuda merayakan datangnya Tahun Baru dengan berlibur ke berbagai tempat wisata. Namun tidak bagi Pemuda Karang Taruna Brotoseno desa Duri, kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo ini. Pasalanya, dalam rangka menyambut datangnya tahun baru, Minggu (01/01/2017), pemuda Karang Taruna Brotoseno ini justru malah menggelar Bakti Sosial (Baksos) dengan membagi-bagikan paket sembako, perabot rumah tangga dan beberapa bantuan lainya kepada warga kurang mampu di desanya.

"Kita sengaja mengadakan kegiatan menyambut datangnya tahun baru 2017 dengan kegiatan Bakti Sosial dengan menyerahkan bantuan kepada warga kurang mampu di desa kami,"ujar Ketua Karang Taruna Brotoseno Andi Putra Setiawan.

Ketua Karang Taruna Brotoseno Andi
Menurutnya, aksi pemuda Karang Taruna desa Duri tersebut diprakarsai oleh Karang Taruna Madukoro dukuh Brambang lingkungan Duri Tengah. Pihaknya selaku pengurus Karang Taruna Desa langsung merespon gagasan tersebut dan melakukan Baksos bersama-sama.

"Karena gagasan ini adalah positif untuk memberikan pendidikan sosial bagi anggota lainya, kami langsung meresponya,"ujarnya.

Dia mengatakan bahwa dalam Bakti sosial tersebut Karang Taruna Brotoseno membagi-bagikan bantuan berupa pakaian, makanan, beberapa perabot rumah tangga dan sejumlah uang kepada warga kurang mampu desa Duri.

"Kita memberikan bantuan kepada puluhan KK di tiga dukuh yaitu warga kurang mampu di dukuh Pendung, Tlogo, dan Brambang. Ada satu dukuh yang belum tersentuh baksos dari Karang Taruna yaitu dukuh Jenggring. Mungkin kedepan akan kita agendakan lagi melakukan baksos disana,"paparnya.

Ditanya sumber dana, Andi mengatakan bahwa Karang Taruna mendapat bantuan dana dari TKI warga Desa Duri yang berada di Luar Negeri. Selain itu, beberapa darmawan atau donatur juga mendukung kegiatan Karang Taruna tersebut.

“Semoga apa yang dilakukan pemuda Karang Taruna ini bisa membantu meringankan beban bagi warga kurang mampu di Desa Duri. Kita juga punya tujuan untuk membangkitkan jiwa sosial pada anggota lain,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Desa Duri Suroto saat dikonfermasi terkait kegiatan Karang Taruna di Desanya menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan para Pemuda tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan kegiatan yang sangat positif dan harus di dukung.

"Ini bagus sekali dan kami pemerintah desa menyampaikan paresiasi atas kegiatan tersebut. Semoga kegiatan tersebut bisa mendidik Pemuda sehingga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Semoga kedepan Karang Taruna Brotoseno Desa Duri semakin kompak dan memiliki banyak prestasi,"harapnya. (warok)