Hati-hati Naik Odong-Odong, di Ponorogo Terguling Lantaran Tak Kuat Nanjak

PONOROGO (kotareyognews.net) - Tampaknya kita harus lebih serius memperrhatikan keselamatan dalam berkendara. Pasalnya, di Ponorogo tepatnya di desa Slahung telah terjadi laka lantas tunggak sebuah kereta kelinci (odong-odong) terguling karena tak kuat saat melintasi tanjakan, Rabu (01/03) siang.

Bahkan dari informasi yang berhasil dihimpun kotreyognews.net, sebanyak empat orang penumpang mengalami luka cukup serius gara-gara kereta kelinci (odong-odong) yang ditumpangi rombongan yang akan menghadiri reaepsi oernikahan tersebut terguling.

Menurut kasubah Humas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto, kejadian laka lantas tunggal yang melibatkan kereta kelinci tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Kendaraan kereta kelinci (odong-odong) dengan mesin Chevrolet yang kemudikan oleh Suwito (66), warga desa Sendang kecamatan Jambon mengangkut 38 orang (35 dewasa dan 3 anak-anak) dengan maksut akan menghadiri resepsi pernikahan di desa Slahung.

"Kereta Kelinci yang membawa rombongan pengiring temanten melaju dari arah utara ke Selatan di jalan desa slahung. Saat sampai di dukuh Gembes desa Slahung jalan menanjak dan kendaraan tidak kuat yang akhirnya mundur,"terangnya.

Lebih lanjut Sudarmanto menjelaskan bahwa kereta kelinci tak hanya mundur saja, namun kereta semoat terbalik melintang di jalan. Tak ayal, puluhan penumpang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak kocar-kacir.

Petugas KSPK Kanitsabhara dan petugas dari jajaran Polsek Slahung yang mendapat laporan langsung  mendatangi TKP. Petugas dan warga setempat langsung beramai-ramai memberikan pertolongan terhadap korban.

"Akibat laka tunggal ini, ada empat korban yang mengalami luka-luka. Tiga orang warga Tegalombo yaitu Kadinah(50) mengalami patah tulang selangka kanan dan dirujuk ke RSUD Ponorogo, Maria (40) mengalami robek telapak tangan, Sukati (45) mengalami nyari punggung bagian kanan. Selain warga Tegalombo juga ada satu korban qarga Karang Lo Kidul kecamatan Jambon yaitu Marsiah(44) yang mengalami luka robek di bagian kepala,"paparnya.

Atas kejadian tersebut pihak Polres Ponorogo menghimbau agar warga lebih waspada terutama dalam engendarai kendaraan. Meskipun hanya untuk menghadiri resepsi, diharapkan agar warga memparhatikan segi keamanan dari kendaraan yang akan ditumpangi termasuk mematuhi tata-tertib lalulintas. (*)