Raja Salman Dikabarkan Perpanjang Kunjungan di Bali

PONOROGO (kotareyognews.net) - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud baru-baru ini dikabarkan bakal memperpanjang masa liburannya di Pulau Dewata. Keputusan tersebut disambut baik oleh para pengusaha pariwisata disana.

Dilansir dari situs berita kompas.com, Raja Salman yang memperpanjang masa kunjunganya di Pulau bali tersebut dinilai merupakan sinyal positif tamu sekelas Raja terkenal di Dunia karena dirinya merasa nyaman, puas dan tenang selama masa liburan di Bali, Indonesia.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali Gus Agung Gahawisri saat dihubungi Kompas.com Rabu (8/3/2017) mengatakan, keputusan Raja Salman akan menaikan citra pariwisata Bali di mata dunia. Dalam industri pariwisata, citra merupakan faktor paling penting.

Menurut dia, keuntungan kunjungan Raja Salman tidak bisa hanya diukur dari seberapa banyak rombongan menghabiskan uang. Jauh lebih penting adalah efek promosi yang ditimbulkan.

"60 persen industri pariwisata itu tergantung pada image. Biar produknya bagus kalau image sudah jelek tidak mungkin ada tamu yang mau datang," kata Gus Agung.

Perpanjangan masa liburan Raja Salman menurut dia, merupakan promosi gratis yang berdampak besar. Sebab mendapat perhatian luas media massa.

Keuntungan lainnya adalah pariwisata Bali akan terdongkrak dari sisi kualitas. Sudah lazim terjadi di Bali terjadi perang tarif akibat jumlah akomodasi yang berlebihan. Hal ini berdampak pula pada kualitas tamu yang datang.

"Perpanjangan masa liburan Raja Salman akan membantu pelaku pariwisata menggarap pasar menengah ke atas," kata Gus Agung.

Ia menyebutkan, dalam dunia pariwisata sudah lumrah rombongan sekelas Raja Salman mem-booking hotel dengan pola plus minus 5 hari. Artinya hotel di-booking sejak lima hari sebelum kedatangan sampai 5 hari setelah jadwal kepulangan.

Karena itu dalam masa liburan tamu dapat memutuskan memperpanjang atau memperpendek masa kunjungan. Dengan skema seperti ini perpanjangan masa liburan Raja Salman diyakini tidak akan mengganggu pelayanan hotel tempatnya menginap kepada tamu-tamu lain yang akan menginap.

"Pihak hotel pasti sudah menghitung semuanya, secaa teknis sudah biasa tamu itu booking plus minus lima hari," kata Gus Agung.

Sebelumnya Raja Salman berencana menghabiskan masa liburan di Bali pada 4-9 Maret. Raja Salman kemudian memperpanjang masa liburan selama 3 hari sampai Minggu (12/3/2017). Selama berada di Bali Raja Salman Menginap di Hotel St. Regis, Nusa Dua, Bali.(*)

Baca sumber: Kompas.com