Tim Saber Pungli Ponorogo Berhasil Amankan Dua Pelaku

PONOROGO (kotareyognews.net) - Sejak dibentuknya Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Ponorogo dua bukan silan, rupanya mereka langsung bekerja. Melalui personil daru dari tim yang sudah dibilang berpengalaman ini Tim Saber Pungli Kabuoaten Ponorogo telah berhasil menunjukkan kinerja mereka.

Dua orang yaitu salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di dinas Indakop dan petugas penarik restribusi di Pasar Songgolangit Ponorogo telah diamankan. Mereka terjarin Operasi Tangkap Tangan (OTT) saat leduanya melakukan praktik pungutan liar.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo, AKP Rudy Darmawan, membenarkan bahwa tim saber pungli Kabupaten Ponorogo telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dua orang yang salah satu di antaranya adalah  oknum PNS.

"Kami sudah tangkap tangan terhadap oknum PNS di dinas Indakop Pemkab Ponorogo yang kedapatan telah melakukan pungli," ujarnya.

Menurutnya, penangkapan oknum tersebut berawal dari laporan pedagang di Pasar Songgolangit yang mengaku mereka ditarik 18ribu per meter, padahal seharusnya jumlah yang mereka harus bayar adalah 900 rupiah.

"Jelas menyalahi aturan restribusi daerah. Dan itu sudah dilakukan bertahun-tahun. Mulai tahun 2015. Hampir 3 tahun," jelasnya seperti dikutip beritajatim.

Dia menejelaskan, bahwa waktu penangkapan pelaku terbukti karena petugas saber pungli melihatnya sendiri jika pembayaran melebihi aturan. Saat ini kasus ini sudah dalam tahap penyidikan. Termasuk aliran dananya masuk kemana.

"Jika jumlah pungutan tersebut diakumulasi, selama tiga tahun dikalikan jumlah pedagang. Jelas besar itu yang masuk ke oknum PNS. Dan tidak menutup kemungkinan ke pejabat terkait," pungkasnnya (warok)