Tips Cara Mengatasi Permasalahan di Android Marsmallow

PONOROGO (kotareyognews.net) - Kemajuan teknologi saat ini tergolong luar biasa. Terutama di dunia Gedgat, banyak hal yang belum kita ketahui beberapa permasalahan yang timbul. Khususnya di Android, kami akan menjelaskan berbagai permasalaahan yang timbul di Android Marsmallow dan cara mengatasinya.

Dilansir dari situs tribunews.com, Android v6.0 Marshmallow memang menghadirkan beragam pembaruan di fitur. Itulah sebabnya Android ini menawarkan kinerja dan fitur yang lebih unggul.

Namun tak ada gading yang tak retak, permasalahan memang masih sering dijumpai dan banyak dikeluhkan oleh pengguna. Dari beberapa permasalahan tersebut sebenarnya merupakan hal yang tidak perlu dikuatirkan dan Anda bisa langsung menemui solusinya di internet.

Dari beberapa permasalahan yang ada, berikut SINYAL rangkum dari berbagai sumber. Siapa tau permasalahan yang Anda hadapi bisa diatasi dengan artikel di bawah ini.

A. Boros baterai saat menggunakan Wi-Fi
Beberapa pengguna melaporkan bahwa penggunaan baterai mereka menjadi lebih boros saat mengaktifkan Wi-Fi.

Koneksi ini memang memakan daya baterai cukup besar, namun permasalahan di Marsmallow ini terbilang lebih boros dibanding Android versi sebelumnya. Untuk mengatasinya, lakukan cara berikut:

1. Lakukan Network Setting Reset

Masuk ke Settings>Backup and Reset>Network Setting Reset untuk membersihkan semua data koneksi. Hal ini tidak hanya membersihkan data Wi-Fi, tetapi juga data cellular dan Bluetooth. Setelahnya Anda mesti melakukan pengaturan ulang kembali.

2. Non-aktifkan Wi-Fi Location Scanning

Cara kedua bisa dengan coba menonaktifkan Wi-Fi dengan masuk ke Settings>Location>Scanning.
Jika fungsi ini aktif, sistem akan terus memindai meski Wi-Fi dalam kondisi Off. Beberapa pengguna juga melaporkan bisa diatasi dengan cara Settings>Location>Mode>Battery Saving.

3. Lakukan Factory Reset

Jika cara-cara tersebut belum berhasil, Anda bisa melakukan Factory Reset dengan cara Settings>Backup & reset>Reset Device>Erase Everything.

B. Boros baterai

Jika Anda melakukan update ke Marshmallow dan mendapati penggunaan baterai ternyata lebih boros dibanding sebelumnya, ada cara yang bisa Anda coba untuk memperbaikinya.

Hal ini biasanya dikarenakan masih terdapat beberapa data lama pada sistem yang bekerja keras karena berbenturan dengan sistem yang baru.
Ini menyebabkan konsumsi daya baterai jadi meningkat. Untuk mengatasinya bisa mencoba cara berikut:

1. Bersihkan Cahce

Bersihkan Cache pada aplikasi secara manual dengan masuk ke Settings>Apps, pilihan aplikasinya dan tekan Clear Cache. Jika ingin menghapusnya secara bersamaan, Anda cukup masuk ke

 Settings>Storage>Cached Data, dan pilih Delete.
Jika ingin membersihkan sistem Android, Anda mesti menghapus Wipe Cache Partition dengan cara sebagai berikut:

a. Masuk ke Mode Recovery

Matikan smartphone. Masuk ke mode Recovery dengan menekan dan tahan tombol Volume Up, Home, dan Power secara bersamaan.

b. Lepas tombol Power dan tahan tombol Volume Up dan Home
Ketika logo Android terlihat, lepas tombol Power dan tetap tahan Volume Up dan Home.

c. Pilih Wipe Cache Partitition

Lepas semua tombol setelah tampil Android System Recovery. Arahkan ke Wipe Cache Partition menggunakan tombol Volume Down. Tekan tombol Power untuk memilih. Setelah selesai pilih Reboot System Now.

C. Wi-Fi error setelah update ke Marshmallow

Setelah melakukan update ke Marshmallow, beberapa pengguna mengeluhkan koneksi Wi-Fi yang selalu error. Namun jangan kuatir, hal ini memang kerap terjadi dan ada cara untuk mengatasinya.

Cara pertama, Anda bisa coba mematikan dan menyalakan kembali mode Airplane.

Jika tidak berhasil, matikan Wi-Fi, reboot Smartphone Anda. Setelah menyala, pilih Forget pada koneksi Wi-Fi yang hendak dituju, dan lakukan koneksi kembali dengan memasukkan password.

D. Penurunan kinerja dan stabilitas

Beberapa pengguna melaporkan adanya penurun kinerja serta sistem yang terkadang mangalami crash dan lag.

Mereka juga menyebutkan sering terjadi restart atau reboot setelah melakukan update.

Hal ini terjadi akibat adanya aplikasi yang mengganggu dan Anda mesti masuk terlebih dahulu ke Safe Mode. Caranya:

1. Matikan smartphone

Matikan Smartphone dan nyalakan kembali. Setelah logo Android tampil segera tekan dan tahan tombol Volume Down sampai proses reboot selesai.

2. Hapus aplikasi yang menggangu

Jika sukses akan tampil tulisan Safe Mode di pojok kiri bawah. Setelah itu barulah hapus (uninstall) aplikasi yang dianggap mengganggu.

3. Masuk ke mode Normal

Setelah selesai restart untuk kembali ke mode normal dengan cara biasa. (gbr.empat-a)

4. Pilih Factory Reset

Atau Anda bisa coba melakukan Factory Reset guna mengembalikan sistem ke kondisi awal. Sebelumnya pastikan bahwa data telah diamankan terlebih dahulu karena proses ini akan menghapus semua data yang tersimpan.

E. Pengisian baterai menjadi lebih lambat

Hal ini juga kerap dikeluhkan bagi yang melakukan update ke Marshmallow. Permasalahan ini bisa disebabkan karena pemakaian daya yang lebih besar dibanding daya baterai yang masuk saat pengisian.

Hal ini tentu membuat pengisian menjadi lebih lambat. Untuk hal ini solusinya bisa dengan mengisi baterai dalam kondisi Smartphone mati. Jika masih belum berpengaruh, maka Factory Reset bisa menjadi salah satu cara yang mesti dicoba.

F. Koneksi data internet yang bermasalah
Jika koneksi data internet bermasalah, coba utak atik mode Airplane dengan cara menghidupkan dan mematikannya kembali. Lakukan hal yang sama pada pengaturan mobile data.

Tidak tidak berhasil, coba matikan Smartphone selama beberapa saat dan nyalakan kembali. Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengeluarkan kartu SIM dan memasukkannya kembali.

G. Audio bermasalah

Permasalahan juga bisa terjadi pada smartpone Anda, seperti mengalami penurunan kualitas suara, baik pada audio maupun microphone. Suara terkadang menjadi tidak jelas saat berbincang via telepon.

Untuk solusi masalah ini, Anda bisa langsung coba melakukan Factory Reset. Memang agak merepotkan tetapi cara ini telah menyelesaikan permasalahan tersebut. (warok)


Baca sumber: Tribunews