Gus Ipul dan Kapolda Tinjau Lokasi Lonsor Ponorogo

Gus Ipul dan Kapolda meninjau secara langsung
proses pencarian korban longsor Ponorogo
PONOROGO (kotareyognews.net) - Gus Ipul dan Kapolda Jatim Machfud Arifin mendatangi lokasi longsor di Desa Banaran, kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Minggu (02/04).

Kedatangan Wakil Gubernur Jawa Timur ini untuk melihat secara langsung kondisi terkini di lokasi longsor dan proses evakwasi korban. Selain itu Gus Ipul dan Machfud Arifin juga memeriksa logistik untuk korban maupun keluarga dan masyarakat terdampak longsor yang saat ini dalam pengungsian.

"Kita bersama Pak Kapolda hari ini sengaja datang ke lokasi ini untuk menyerahkan bantuan logistik berupa 4 truk kebutuhan pokok dan lima truk tangki air bersih,"ujar Gus Ipul.

Pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Bupati Ponorogo, Danrem dan seluruh Tim dari BPBD, TNI, Polri, Tagana dan relawan yang terlatih telah disiapkan untuk membantu upaya evakwasi korban.

"Kami mengapresiasi langkah Pak Bupati terutama Pemda yang telah mengambil langkah sensitif dengan memperingatkan warga jauh hari dan telah mencarikat tempat relokasi sementara,"ujarnya.

Lebih lanjut Gus Ipul juga mengatakan bahwa kedepan juga harus difikirkan terkait rehabilitasi terkait musibah tanah longsor di Banaran.

"Pak Bupati, Pak Gubernur dan saya nanti akan segera membicarakan terkait relokasi. Mungkin kita butuh bantuan dari Perhutani dan semua pihak terkait relokasi ini. Terpenting bagi kita adalah relokasi sementara dulu dan relokasi permanen. Kita pikirkan dulu relokasi sementara bagi sekitar 100 pengungsi dan baru kita pikirkan relokasi permanen,"tandasnya.

Dikatakan Gus Ipul, terkait obat - obatan dan logistik lainya berbagai pihak  juga sudah mengirimkan termasuk juga dari Kapolda Jatim.

"Prioritas kita saat ini adalah evakwasi dan menyelamatkan apa saja yang bisa diselamatkan. Dan yang tak kalah pentingnya yaitu segala keperluan korban yang terdampak bisa dipenuhi oleh pemerintah,"tandasnya.

Semetara itu Kapolda Jatim Machfud Arifin menjelaskan bahwa pihaknya sudah memerintahkan kepada jajaranya yang berada di luar Ponorogo untuk ikut membantu proses evakwasi korban longsor di Ponorogo.

"Dari Madiun, Madiun Kota, Magetan dan daerah terdekat telah kita perintahkan oll out untuk membantu korban longsor di Ponorogo ini. Semua jajaran baik dari Brimob, Sabara semua kita kerahkan untuk membantu proses evakwasi,"terangnya.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat dan warga yang berada di sekitar lokasi agar ikut membantu kelancaran proses evakwasi. Dia meminta agar warga agar sedikit menjauh dari lokasi sehingga tidak mengganggu petugas agar proses pencarian korban bisa berjalan lancar. (warok)